July 24, 2012

Cepat kali Ngantuknya?

“Baru juga 5 menit, tapi nih mata kok susah amat diajak kompromi. Niatnya sih mau konsentrasi, tapi ngangkat mata aja udah gak kua”. Itulah sebagian problemku saat sudah duduk di depan buku. Sebenarnya kasus macam ini gak Cuma kalo lagi belajar aja sob, bahkan yang baru aja duduk beberapa menit ech.... udah menguap, rasa ngantuk dan lesu tiba-tiba datang.
Nah sobat muda, kalo penyakit seperti ini kamu alami dan kamu biarkan tanpa penanganan, bisa-bisa studmu bakal amburadul, so pasti kalian semua gak mau kan terjadi seperti itu. Untuk kesempatan kali ini ada rahasia yang wajib kamu ketahui tentang bagaimana sih mengatasi masalah yang satu ini?



Sebab dan Solusi

Mungkin kamu kurang tidur. Kasus seperti ini paling banyak dijumpai di banayak sekolahan. Gara-gara kamu begadang semalaman sewaktu dikelas tuh bawaannya lesu, ngantuk, bayangin tidur dikasur yang empuk. Bisa juga karna kamu belajar hingga larut malam alias SKS (sistem kejar semalam), belajar ketika hendak ujian udah gak jaman sob...., apalagi yang alasan begadang nonton bola. Nah kalo penyebannya kayak gitu solusinya kembali kepada kalian sendiri, sebaiknya kamu bisa atur waktu kamu lebih baik.

Lantaran takut disekolah nanti ngantuk n lesu trus malamnya tidur dari habis isya’ sampe pagi subuh, itu juga gak baik kawan. Kebanyakan tidur bukannya menjadikan kita gak ngantuk lagi tapi jstru sebaliknya bikin ngantuk terus. Coba deh tidur dengan porsi yang cukup, jangan kelebihan atau kekurangan. Tidur yang ideal pada kondisi normal manusia (maksudnya gak lagi sakit) kata para ahli sih antara 6-8 jam lebih dari cukup.

Makan kebanyakan juga bisa bikin kamu ngatukan loh, karena karbohidrat yang ada dalam makanan jjika dikonsumsi terlalu berlebih akan membuat sel-sel tubuh kerja keras untuk memprosesnya (kalo jaman penjajahan dulu mirip kerja rodi, coba deh kasian gak) dengan begitu jelas lah banyak energi untuk memprosesnya. Karena energi yang digunakan terlampau banyak makanya kamu jadi gampang ngantuk.

Selain itu ada lagi gak??????? Tentu aja ada lagi, misalnya tekanan darah rendah. Ini biasanya dialami kamu-kamu yang berstatus remaja putri (tapi ya tidak semua seperti itu lho). Hal ini memang menyebabkan kamu jadi loyo kayak gak punya semangat hidup, lelah, mengantuk dan tidak punya stamina yang cukup untuk aktivitas seabreg. Kalo hal ini terjadi coba deh jangan dibiarkan aja, periksakan dirimu ke dokter, makan makanan bergizi dan seimbang sert olahraga teratur sukup 20 – 30 menit  aja tiap harinya udah cukup.
 

Nah dari beberapa cuap-cuapku tersebut dapat kita simpulkan kalo penyakit “ngantukan” dapat kita atasi dengan mengatur waktu sehari2, tidur sesuai porsinya, makan makanan bergizi,  dan jangan lupa sediakan waktu untuk olah raga.


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment